Administration, Office Management, & Filing System
Administration, Office Management, & Filing System
ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM – Tuntutan global dewasa ini mendorong aktifitas kantor untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi yang up to date. Manajemen kantor dituntut untuk tidak saja memberikan pelayanan yang dibutuhkan tetapi mengambil inisiatif agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu, tepat sasaran, dan dengan cara yang efisien. Staff dituntut untuk memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Pengetahuan tersebut meliputi antara lain tentang pengelolaan informasi (mengumoulkan, mencatat, menggandakan, mendistribusikan, serta menyimpan data dan informasi) dan pelayanan tata usaha kantor (tata ruang kantor, pelayanan telepon, serta pelayanan tamu).
Berangkat dari kebutuhan tersebut MarcomPlus Consultant sebagai perusahaan jasa training berupaya menjalin kerjasama dengan tema “Administration, Office Management, & Filing System”. Pelatihan ini dirancang bagi karyawan yang bekerja dibagian administrasi baik sebagai office manager, staff administrasi, maupun sekertaris agar mereka mampu meningkatkan profesionalitas kerja guna mengantissipasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis global yang penuh tuntutan.
TUJUAN PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
- Memahami fungsi dan peran kantor dalam organisasi
- Mampu mengelola informasi yang dibutuhkan oleh unit-unit lain
- Mampu menyimpan dan mengelola arsip (system filling) dengan baik
- memahami pentingnya Standar Operasional Procedure (SOP) untuk kelancaran aktifitas kantor
MATERI PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
- Paradigm dan Filosofi Administrasi Perkantoran Modern
- Pengertian kantor dan administrasi perkantoran
- Ruang lingkup administrasi perkantoran
- Tujuan administrasi perkantoran
- Karakteristik administrasi perkantoran modern
- Perencanaan dan Pengorganisasian Kegiatan kantor
- Azas-azas manajemen perkantoran
- Struktur organisasi kantor
- Tata Ruang Kantor
- Pegertian dan tujuan tata ruang kantor
- Azas tata ruang kantor
- Jenis tata ruang kantor
- Fasilitas kantor
- Penyusunan tata letak fasilitas kantor
- Tata lingkungan kantor
- Prinsip 5R dalam tata ruang kantor
- Korespondensi
- Pengertian, ciri, fungsi, dan jenis surat
- Bagian-bagian suratFormat surat
- Bahasa surat
- Langkah-langkah penyusunan surat
- Mengurus dan mengendalikan surat masuk dan surat keluar
- Pelayanan Telepon
- Persiapan yang perlu dilakuakan
- Menerima telepon
- Menelepon
- Mencatat pesan-pesan melalui telepon
- Kesalahan dalam bertelepon
- Pelayanan Tamu
- Syarat penting peneriamaan tamu
- Catatan identitas tamu
- Pelayanan terhadap tamu
- Dokumentasi dan Pengarsipan
- Pengertian arsip dan pengelolaan arsip
- Jenis arsip
- Tujuan pengelolaan arsip
- Penggandaan dan pendistribusian arsip
- Penataan arsip (klasifikasi dan pengkodean arsip)
- Pemeliharaan dan penyimpanan arsip vital
- Peminjaman arsip
- Penyusutan arsip
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan arsip
- Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP)
- Pengertian dan pentingnya SOP
- Simbol-simbol dalam SOP
- Prinsip-prinsip dan teknik penyusunan SOP
- Pengelolaan Inventarisasi
- Pengertian inventarisasi
- Pelaksanaan inventarisasi
- Mutasi barang
- Pemberian label dan kode barang
- Penghapusan barang
- Pengelolaan Waktu yang Efektif dalam Menangani Pekerjaan Kantor
- Nilai waktu dan pentingnya pengelolaan waktu yang efektif
- Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
- Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
- Mengelola rapat secara efektif dan membuat notulen yang baik
- Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran
- Makna dan dampak otomatisasi dalam administrasi perkantoran
- Aplikasi otomatisasi dalam administrasi perkantoran
- Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkantoran
- Software untuk administrasi perkantoran
- Sistem Arsip Elektronik
- Sistem Informasi Manajemen
- Manajemen basis data
- LAN, intranet, dan internet
PESERTA PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
Pimpinan (manajer/ supervisor/ head section) atau support personnel (staf Administrasi/ sekertaris) yang terlibat dalam kegiatan administrasi aau pengarsipan dokumen perusahaan.
INSTRUKTUR PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
Budi Sutedjo, S.Kom., MM dan tim
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
Tanggal :
- 12 sd 24 Januari 2021
- 26 sd 28 Januari 2021
- 2 sd 4 Februari 2021
- 16 sd 18 Februari 2021
- 2 sd 4 Maret 2021
- 16 sd 18 Maret 2021
- 6 sd 8 April 2021
- 20 sd 22 April 2021
Waktu : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Hotel Santika Premiere Yogyakarta
- Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
- Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, dll.
*In House Training by demand
FASILITAS PELATIHAN ADMINISTRATION, OFFICE MANAGEMENT, & FILING SYSTEM
- Ruang meeting nyaman
- Training kit
- Souvenir eksklusif
- Sertifikat
- Modul
- Foto training
- Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
- Makan siang dan 2 kali coffee break selama training
INFORMASI
Website : www.marcomplus.co.id
Phone: (0274) 4290277
fifin.marcomplus@gmail.com
ningrum.marcomplus@gmail.com
Contact Person
Fifin 0852-1405-9132
Ningrum 0823-3245-1830