Auditing The Marketing Function for Improving Marketing Performance

Auditing The Marketing Function for Improving Marketing Performance
December 1, 2020 No Comments Digital Strategy,Marketing & Public Relation marcomplus

AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE Dewasa ini lingkungan pemasaran, baik lingkungan mikro maupun lingkungan makro, terus berubah dengan cepat. Sebagai akibatnya, seringkali strategi ataupun manajemen pemasaran terlambat dalam melakukan penyesuaian. Hal tersebut membawa dampak terhadap kegiatan pemasaran perusahaan, sehingga menjadi tidak efektif. Kesalahan lain yang dilakukan perusahaan dapat terjadi, misalnya dalam menentukan strategi pemasaran seperti ketidaktepatan menentukan target market dan product positioning, kesalahan dalam menyusun organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran, ataupun dalam hubungan dengan pelanggan. Akan tetapi kesalahan-kesalahan tersebut di atas sering tidak dapat terdeteksi langsung secara dini oleh Direktur ataupun oleh General Manager Pemasaran. Yang terlihat dari hal-hal tersebut di atas hanyalah gejala-gejalanya saja, antara lain penurunan penjualan, penurunan harga jual rata-rata, market share yang digerogoti pesaing, serta pembengkakan biaya pemasaran yang tidak diimbangi dengan peningkatan penjualan. Gejala-gejala tersebut pada gilirannya akan berakhir pada bottom lines perusahaan, yaitu penurunan profit, bahkan sering terjadi mengakibatkan kerugian perusahaan. Untuk menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersebut di atas, perlu dilakukan kegiatan marketing audit secara periodik. Adapun yang dimaksud dengan marketing audit adalah pengujian yang dilakukan secara sistematik, independen, dan periodik terhadap suatu perusahaan atau Strategic Business Unit (SBU) baik menyangkut lingkungan, objectives, strategi maupun kegiatan-kegiatan pemasaran lainnya, dengan tujuan untuk melihat permasalahan-permasalahan, peluang dan untuk merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja pemasaran perusahaan. Dengan melakukan marketing audit secara periodik, perusahaan diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyimpangan ataupun kekeliruan di bidang pemasaran, sehingga dapat segera dilakukan tindakan koreksi. Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan secara cepat dan cepat pula dalam mendapatkan peluang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.

 

TUJUAN PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

  • Memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta mengenai peran, manfaat, prosedur dan ruanglingkup marketing audit
  • Peserta mampu membuat instrumen untuk melakukan marketing audit
  • Memahami cara melakukan marketing audit
  • Mempelajari cara mengumpulkan data, menganalisis, menyimpulkan dan merekomendasikan hasil marketing audit

 

MATERI PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

1. Pengertian marketing audit dan ruang lingkupnya
2. Manfaat Audit Pemasaran
3. Bentuk pemasaran: Internal dan Eksternal
4. Struktur Marketing Audit

– Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman)

– Sistem pemasaran (kekuatan dan kelemahan)

– Aktivitas pemasaran

5. Area Audit Eksternal

– Lingkungan usaha dan ekonomi

– Pasar

– Kompetisi

– Hubungan dengan pelanggan

6. Area Audit Internal

– Tujuan pemasaran

– Strategi pemasaran

– Struktur

– Sistem informasi

– Sistem perencanaan

– Sistem pengendalian

– Efisiensi fungsional

– Efisiensi antar fungsional

– Analisisi efektivitas biaya

7. Langkah dan Prosedur Marketing Audit

– Aktivitas pra audit

– Pengumpulan informasi

– Analisis informasi

– Formulasi dan rekomendasi

– Pengembangan dari program implementasi

8. Mengembangkan keunggulan bersaing

– Keunggulan organisasi

– Keunggulan departemental dan fungsional

– Keunggulan relationship

 

PESERTA PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

Pelatihan ini ditujukan untuk Staf, Supervisor, Manager, General Manager di bidang Pemasaran, Staf dan Pimpinan Internal Auditor, serta bidang pendukungnya, baik di bidang jasa maupun manufaktur

 

INSTRUKTUR PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

Dr. Fauzan Asmara, MM dan Tim

 

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

Tanggal :

  • 15 sd 17 Desember 2020
  • 5 sd 7 Januari 2020
  • 19 sd 21 Januari 2020
  • 2 sd 4 Februari 2020
  • 16 d 18 Februari 2020
  • 8 sd 10 Maret 2020
  • 16 sd 18 Maret 2020

Waktu         : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat   : Hotel Santika Premiere Yogyakarta

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training by demand

 

FASILITAS PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir
  • Sertifikat
  • Modul
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

 

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Phone : (0274) 4290277

Email

ningrum.marcomplus@gmail.com

fifin.marcomplus@gmail.com

Contact Person

Ningrum 0823-3245-1830

Fifin 0852-1405-9132 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus