Auditing The Marketing Function for Improving Marketing Performance
Auditing The Marketing Function for Improving Marketing Performance
AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE – Dewasa ini lingkungan pemasaran, baik lingkungan mikro maupun lingkungan makro, terus berubah dengan cepat. Sebagai akibatnya, seringkali strategi ataupun manajemen pemasaran terlambat dalam melakukan penyesuaian. Hal tersebut membawa dampak terhadap kegiatan pemasaran perusahaan, sehingga menjadi tidak efektif. Kesalahan lain yang dilakukan perusahaan dapat terjadi, misalnya dalam menentukan strategi pemasaran seperti ketidaktepatan menentukan target market dan product positioning, kesalahan dalam menyusun organisasi pemasaran, sistem pemasaran, fungsi pemasaran, ataupun dalam hubungan dengan pelanggan. Akan tetapi kesalahan-kesalahan tersebut di atas sering tidak dapat terdeteksi langsung secara dini oleh Direktur ataupun oleh General Manager Pemasaran. Yang terlihat dari hal-hal tersebut di atas hanyalah gejala-gejalanya saja, antara lain penurunan penjualan, penurunan harga jual rata-rata, market share yang digerogoti pesaing, serta pembengkakan biaya pemasaran yang tidak diimbangi dengan peningkatan penjualan. Gejala-gejala tersebut pada gilirannya akan berakhir pada bottom lines perusahaan, yaitu penurunan profit, bahkan sering terjadi mengakibatkan kerugian perusahaan. Untuk menghindarkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersebut di atas, perlu dilakukan kegiatan marketing audit secara periodik. Adapun yang dimaksud dengan marketing audit adalah pengujian yang dilakukan secara sistematik, independen, dan periodik terhadap suatu perusahaan atau Strategic Business Unit (SBU) baik menyangkut lingkungan, objectives, strategi maupun kegiatan-kegiatan pemasaran lainnya, dengan tujuan untuk melihat permasalahan-permasalahan, peluang dan untuk merekomendasikan suatu rencana tindakan untuk memperbaiki kinerja pemasaran perusahaan. Dengan melakukan marketing audit secara periodik, perusahaan diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyimpangan ataupun kekeliruan di bidang pemasaran, sehingga dapat segera dilakukan tindakan koreksi. Hal tersebut dilakukan sebagai tindakan pencegahan secara cepat dan cepat pula dalam mendapatkan peluang pemasaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan.
TUJUAN PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
- Memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta mengenai peran, manfaat, prosedur dan ruanglingkup marketing audit
- Peserta mampu membuat instrumen untuk melakukan marketing audit
- Memahami cara melakukan marketing audit
- Mempelajari cara mengumpulkan data, menganalisis, menyimpulkan dan merekomendasikan hasil marketing audit
MATERI PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
1. Pengertian marketing audit dan ruang lingkupnya
2. Manfaat Audit Pemasaran
3. Bentuk pemasaran: Internal dan Eksternal
4. Struktur Marketing Audit
– Lingkungan organisasi (peluang dan ancaman)
– Sistem pemasaran (kekuatan dan kelemahan)
– Aktivitas pemasaran
5. Area Audit Eksternal
– Lingkungan usaha dan ekonomi
– Pasar
– Kompetisi
– Hubungan dengan pelanggan
6. Area Audit Internal
– Tujuan pemasaran
– Strategi pemasaran
– Struktur
– Sistem informasi
– Sistem perencanaan
– Sistem pengendalian
– Efisiensi fungsional
– Efisiensi antar fungsional
– Analisisi efektivitas biaya
7. Langkah dan Prosedur Marketing Audit
– Aktivitas pra audit
– Pengumpulan informasi
– Analisis informasi
– Formulasi dan rekomendasi
– Pengembangan dari program implementasi
8. Mengembangkan keunggulan bersaing
– Keunggulan organisasi
– Keunggulan departemental dan fungsional
– Keunggulan relationship
PESERTA PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
Pelatihan ini ditujukan untuk Staf, Supervisor, Manager, General Manager di bidang Pemasaran, Staf dan Pimpinan Internal Auditor, serta bidang pendukungnya, baik di bidang jasa maupun manufaktur
INSTRUKTUR PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
Dr. Fauzan Asmara, MM dan Tim
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
Tanggal :
- 15 sd 17 Desember 2020
- 5 sd 7 Januari 2020
- 19 sd 21 Januari 2020
- 2 sd 4 Februari 2020
- 16 d 18 Februari 2020
- 8 sd 10 Maret 2020
- 16 sd 18 Maret 2020
Waktu : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Hotel Santika Premiere Yogyakarta
- Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
- Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.
*In House Training by demand
FASILITAS PELATIHAN AUDITING THE MARKETING FUNCTION FOR IMPROVING MARKETING PERFORMANCE
- Ruang meeting nyaman
- Training kit
- Souvenir
- Sertifikat
- Modul
- Foto training
- Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
- Makan siang dan 2 kali coffee break selama training
INFORMASI
Website : www.marcomplus.co.id
Phone : (0274) 4290277
ningrum.marcomplus@gmail.com
fifin.marcomplus@gmail.com
Contact Person
Ningrum 0823-3245-1830
Fifin 0852-1405-9132