Fraud E-Channel

Fraud E-Channel
December 8, 2020 No Comments Digital Strategy admMarComp

FRAUD E-CHANNEL Perbankan Elekronik, E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan “lubang keamanan” (security hole) akan selalu ada. Hal ini bisa diamati dari situs web yang melaporkan adanya lubang keamanan setiap hari. Namun bisnis tidak dapat berhenti karena adanya potensi lubang keamanan. Untuk sekadar transaksi yang bersifat informatif (tidak ada pengurangan saldo) maka cukup menggunakan sandi lewat (password) untuk masuk. Yang dapat dilakukan adalah meningkatkan tingkat kesulitan untuk masuk dengan menggunakan pengamanan-pengamanan, dinding api (firewal) & IDS (dalam kasus server Internet). Fraud yang berkaitan dengan pengelolaan data, yang merupakan kejahatan di dunia maya (cyber) sangat memungkinkan data nasabah disadap pada saat melakukan transaksi perbankan elektronik. Deteksi Fraud E Chanel merupakan hal mendasar yang harus dilakukan oleh perbankan demi mewujudkan keamanan bertransaksi untuk nasabah.

 

TUJUAN PELATIHAN FRAUD E-CHANNEL

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat:

  • Memahami karakteristik Fraud E-Channel dan bagaimana cara menanganinya
  • Membangun fraud control system dari berbagai aspek
  • Memahami comitmen, policy, tool dan organization fraud
  • Memahami pencegahan dan sistim pelaporan fraud (carding; sniffer; skimmer; phising; Typo Site)
  • Memahami investigasi atau pemeriksaan fraud beserta proses pelaporannya

 

MATERI PELATIHAN FRAUD E-CHANNEL

  1. Memahami Fraud
    • Definisi Fraud: Definisi, Karakterisktik, Contoh
    • Mengenali Fraud: Fraud Triangle, Realita Pelaku, Fraud Tree
    • Fakta Fraud: Global Economic Crime Survey
    • Fakta Fraud: Report to The Nation
  2. Strategi Anti Fraud sesuai SE BI 13/28/DPNP/2011
    • Pilar Pencegahan: Kampanye Anti Fraud, FRA, KYE
    • Pilar Deteksi: Whistle-blowing, Surprise Audit, Surveillance
    • Pilar Respon: Investigasi, Pelaporan, Sanksi
    • Pilar Deterrence: Evaluasi & Tindak Lanjut (Studi Kasus)
  3. Contoh Kasus Fraud E-Channel
    • Carding
    • Sniffer
    • Skimmer
    • Phising
    • Typo Site

INSTRUKTUR PELATIHAN FRAUD E-CHANNEL

Dwi Sugiarto dan Tim

 

WAKTU & TEMPAT PELATIHAN FRAUD E-CHANNEL

Tanggal  :

  • 29 sd 31 Desember 2020
  • 5 sd 7 Januari 2021
  • 19 sd 21 Januari 2021
  • 9 sd 11 Februari 2021
  • 23 sd 25 Februari 2021
  • 2 sd 4 Maret 2021
  • 16 sd 18 Maret 2021

Waktu      : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat   : Hotel The 1O1 Tugu Yogyakarta

 

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training by demand

FASILITAS PELATIHAN FRAUD E-CHANNEL

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir
  • Sertifikat
  • Modul
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

 

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Phone : 0274 4290277

Email

fifin.marcomplus@gmail.com

ningrum.marcomplus@gmail.com

Contact Person

Fifin 0852-1405-9132 

Ningrum 0823-3245-1830

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus