Handling Customer Complaint
Handling Customer Complaint
HANDLING CUSTOMER COMPLAINT – Sebagai petugas yang melayani pelanggan, tentu pernah menghadapi pelanggan, klien atau tamu yang sangat marah karena kecewa terhadap layanan produk/ jasa perusahaan yang tidak memenuhi harapan mereka.
Mereka menyampaikan kekecewaan secara langsung dengan nada emosi yang tinggi. Bahkan beberapa mengungkapkan kekecewaan mereka dengan tulisan di media massa. Pelatihan ini akan membekali para Manager, Supervisor dan Staf perusahaan mengenai kemampuan perilaku serta tehnik (behavioral skills and tools) yang dibutuhkan untuk menghadapi pelanggan yang marah dan sulit dengan kepercayaan diri serta kompetensi yang tinggi.
MATERI PELATIHAN HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
1. Pemahaman tentang Layanan Prima
- Apa & Mengapa Layanan Prima
- Memahami berbagai tipe pelanggan yang sulit
- Dampak dari kegagalan menangani komplain
2. Penyebab Pelanggan komplain
- Cara Pelanggan complain
- Tahap-tahap dalam emosi pelanggan
- Tipe-tipe pelanggan yang sulit
3. Langkah-Langkah Penanganan Komplain
- 11 langkah menangani complain
- Prioritas Komplain
- Berdasarkan kerawanan complain
- Berdasarkan dampak kepada perusahaan
4. Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan
- Menyambut complain
- Memudahkan pelanggan untuk komplain
- Menangani komplain secara cepat
- Mendisain kebijakan dan prosedur penanganan komplain yang mendukung penyelesaian komplain secara cepat dan efisien
- Melatih dan memberdayakan staf
- Mencatat complain
- Mengkomunikasikan informasi tentang complain
5. Garansi dan Service recovery
- Arti garansi bagi pelanggan
- Service recovery dan penggunaannya
PESERTA PELATIHAN HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
Customer Service Manager, Public Relation Manager, Corporate Communication Manager, Customer Service Supervisor/ Team Leader, Customer Relation Officer, Customer Service Representative.
INSTRUKTUR PELATIHAN HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
Dr. Drs. H. Fauzan Asmara, MM dan Tim
WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
Tanggal :
- 29 sd 31 Desember 2020
- 12 sd 14 Januari 2021
- 26 sd 28 Januari 2021
- 2 sd 4 Februari 2021
- 16 sd 18 Februari 2021
- 8 sd 10 Maret 2021
- 23 sd 25 Maret 2021
Waktu : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Hotel Santika Premiere Yogyakarta
- Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
- Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.
*In House Training by demand
FASILITAS PELATIHAN HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
- Ruang meeting nyaman
- Training kit
- Souvenir
- Sertifikat
- Modul
- Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
- Makan siang dan 2 kali coffee break selama training
INFORMASI
Website : www.marcomplus.co.id
phone: (0274) 4290277
fifin.marcomplus@gmail.com
ningrum.marcomplus@gmail.com
Indra
Mohon informasi seputar pelatihan handling complaint ini
1. Apakah diadakan juga di kota lain, misalnya Jakarta, Bogor, atau Bandung?
2. Apakah ada pelatihan juga di periode akhir tahun (Desember 2019)?
3. Apakah ada minimal peserta pelatihan untuk terlaksananya pelatihan?
Bila ada proposal yang dapat disampaikan seputar pelatihan ini di periode Desember 2019, mohon kiranya dapat disampaikan ke indra.ridwan.yusuf@gmail.com, untuk bisa saya usulkan ke bagian pengembangan SDM di instansi saya.
Terima kasih
Ningrum
selamat pagi pak Indra, untuk pelatihan handling compaint kita bisa runningkan di kota lain. untuk venue selain Jogja ada di Jakarta, Bogor, Bandung, Malang Bali, Lombok dan bisa sesuai request pak. kalo boleh tau rencana untuk pelatihan berkenan dilaksanakan di bulan apa ya pak?