Optimasi Fitur Mesin ATM & Mesin EDC Sebagai Sarana Transaksi

Optimasi Fitur Mesin ATM & Mesin EDC Sebagai Sarana Transaksi
February 19, 2024 No Comments Digital Strategy UMA MARCOMPLUS

OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI –  Persaingan dunia perbankan di Indonesia dalam menjaring nasabah sebayak-banyaknya cenderung semakin ketat.  Dengan jumlah bank dan kantor cabang yang cukup banyak dan produk yang ditawarkan bank beragam, kualitas pelayanan memang masih ampuh bagi bank untuk mempertahankan nasabah atau mendapatkan nasabah baru. Kualitas pelayanan sangat penting dalam bisnis perbankan. Bank-bank semakin bersaing dalam merebut customer based dengan mengandalkan kualitas pelayanan. Selain menawarkan berbagai macam produk, perbaikan di sisi teknologi informasi juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Semua itu disiapkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan akhirnya diharapkan mampu menjaring dana masyarakat.

Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin EDC (Electronic Data Capture). Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya layanan kemudahan pembayaran, merupakan sebuah tuntutan.

Kebutuhan akan transaksi perbankan dewasa ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan seiring aktifitas dunia usaha yang semakin ketat dan kompetitif. Dalam hal ini keunggulan teknologi berperan penting dalam semakin tingginya aktifitas yang melibatkan perbankan. Dengan teknologi pula, nasabah semakin mendapat kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi kapanpun dan dimanapun yang pada akhirnya berorientasi pada kepuasan pelanggan / nasabah.

Salah satu sarana pelayanan yang memudahkan nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan adalah fasilitas mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disediakan bank bagi nasabah. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat antar bank yang satu dengan yang lain, kualitas pelayanan yang tinggi termasuk di dalamnya pelayanan ATM, merupakan sebuah tuntutan. Pelatihan ini membahas berbagai kelebihan mesin ATM sebagai sarana memberikan keleluasaan bertransaksi pada para nasabah.

MATERI PELATIHAN OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI

  1. Pengantar Teknologi Perbankan
  2. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan
  3. Infrastuktur Software, Hardware dan Jaringan
  4. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin EDC
  5. Prosedur Pengajuan Mesin EDC oleh Pengusaha
  6. Mekanisme Penggunaan Mesin EDC
  • Mekanisme transaksi dengan kartu Debit (Kartu ATM )
  • Mekanisme transaksi dengan Kartu Kredit
  • Mekanisme transaksi dengan Kartu Prepaid

7. Fitur Transaksi Mesin EDC

8. Perintah bayar (Settlement)

9. Fasilitas yang diberikan Bank Penerbit Kartu

  • International (Visa, Mastercard, Dinner Club, Amex, JCB)
  • Lokal Indonesia (BCA Card)

10.Menghindari kejahatan dan kecurangan dalam transaksi yang menggunakan kartu kredit

11. Sistem Keamanan Data Transaksi

12. Pengantar Teknologi Perbankan

  • Tuntutan Layanan Perbankan Modern
  • Tuntutan Informasi Perbankan Modern

13. Pengembangan Teknologi Informasi Dunia Perbankan

14. Infrastuktur Sofware, Hardware dan Jaringan

15. Pengenalan Type dan Spesifikasi Mesin ATM

16. Jenis dan Penempatan Mesin ATM

17. Jenis Kartu ATM

18. Fitur Transaksi ATM

  • Aktivasi PIN
  • Cek saldo
  • Tarik Tunai
  • Transfer antar Bank
  • Pembayaran Tagihan

19. Sistem Analisis Program (Operator, User, Bank)

20. Sistem AMS (ATM-Monitoring System)

PESERTA PELATIHAN OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI

Pelatihan ini ditujukan bagi para karyawan bank di bagian Opasional, Teknisi, Divisi Pelayanan Kartu ATM, Kartu Debet dan Kartu Kredit, atau departemen yang mengelola kas ATM pengelola pelayanan transaksi dan pemindabukuan.

INSTRUKTUR PELATIHAN OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI

Nurwanto, ST, MT. & Team

WAKTU & TEMPAT PELATIHAN OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI

Waktu         : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat   : Hotel Santika Premiere Yogyakarta

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, Surabaya dll.

*In House Training by demand

FASILITAS PELATIHAN OPTIMALISASI FITUR MESIN ATM & MESIN EDC SEBAGAI SARANA TRANSAKSI

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir eksklusif
  • Sertifikat
  • Materi softcopy/ hardcopy
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Email

umamarcomplus@gmail.com

Contact Person

Uma 0821-3846-7266

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus