Public Relation Strategy, External Relation & Community

Public Relation Strategy, External Relation & Community
August 14, 2020 No Comments Marketing & Public Relation marcomplus

PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY – Dalam sebuah perusahaan/industri, komunikasi adalah sarana yang paling krusial. Komunikasi sangat penting peranannya, bahkan mejadi salah satu kunci sukses dari keberhasilan perusahaan, terlebih dalam memberikan pelayanan, memerlukan interaksi yang baik melalui komunikasi sehingga hubungan baik dengan stakeholder akan dapat terjalin. Kemampuan untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada  publik, mekanisme penyampaian informasi  dan pengenalan media apa saja yang bisa dimanfaatkan secara efektif akan sangat mempengaruhi citra perusahaan di mata stakeholder. Terjadinya miss communication akan menurunkan citra perusahaan yang berdampak pada hilangnya kepercayaan publik dan akhirnya berdampak pada penjualan atau pelayanan yang dihasilkan.

Disini fungsi Public Relations (PR) memegang peranan penting dalam jalur corporate communication ini. Keberadaan PR tidak dapat dipisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan. Begitu pentingnya posisi PR ini, maka setiap perusahaan/organisasi, apapun bentuk perusahaan/organisasi tersebut mutlak harus mempunyai bagian PR karena bagian ini memegang peranan untuk dapat mem-publish (melakukan publisitas) mengenai perusahaan/organisasi tersebut, agar masyarakat/publik mengetahui eksistensi sebuah perusahaan/organisasi, “siapa”, “bagaimana”, dan keberadaan serta produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Untuk itu, diperlukan SDM yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kemampuan untuk mampu menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan, dan menjalin relasi yang baik dengan media massa, karena melalui media inilah dapat membentuk citra baik sebuah perusahaan di mata masyarakat dan kolega.

Marcomplus Consulting sebagai lembaga pelatihan bermaksud untuk menyelenggarakan Pelatihan Public Relation Strategy, External Relation & Community  agar dapat  membantu peserta untuk mengatasi situasi saat ini.

 

TUJUAN PELATIHAN PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY

Setelah mengikuti pelatihan ini,diharapkan peserta dapat :

  • Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan;
  • Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication;
  • Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
  • Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya;
  • Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik;
  • Peserta mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
  • Dapat melakukan presentasi, press conference, & memiliki keterampilan menulis press release;
  • Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

 

MATERI PELATIHAN PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY

  1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)
  • Konsep Komunikasi & Pelayanan prima
  • Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan
  • Karakter Pelayanan Perusahaan
  1. Perencanaan komunikasi perusahaan
  2. Jenis model komunikasi
  3. Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:
  • Fungsi dan peranan PR
  • Manfaat PR
  • Kedudukan PR dalam organisasi
  1. Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR
  • Memahami opini publik
  • Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait
  1. Perencanaan Kerja PR :
  • Proses kegiatan PR
  • Langkah-langkah kegiatan
  • Hambatan – hambatan
  1. Management Crisis :
  • Apa itu krisis
  • Katagori krisis dan bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / organisasi
  • Penanggulangan Krisis
  • Masa dan setelah Krisis
  1. Corporate Image Identity:
  • Membentuk opini public
  • Sifat dari opini publik
  • Membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
  1. Identifikasi audience expetation / stakeholder
  2. PR dan Marketing Service :
  • Prinsip-prinsip dasar
  • Marketing Development Strategy
  • Marketing Communication Strategy
  1. Customer Behavior
  • Menentukan target audience
  • Karakteristik konsumen
  • Elemen dasar dari proses conditioning
  1. Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder
  2. Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media
  3. Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)
  4. Media Relations, Press Release dan Pidato :
  • Pengertian dan kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis pidato
  • Pidato, format dasar – general model dan model rinci
  1. Press Conference – tindak lanjut Media Relations :
  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
  • Aktifitas dalam Press Conference
  1. Media Control (ownership vs Control of Media)
  2. Teknik mengatasi miss comunication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media
  3. Studi kasus

 

PESERTA PELATIHAN PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY

Pelatihan ini disarankan untuk diikuti oleh:

  • Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
  • Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
  • Corporate Communications, Corporate Secretary
  • Para profesional atau staf yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/pubik

 

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY

Tanggal:

  • 1-3 September 2020
  • 15-17 September 2020
  • 6-8 Oktober 2020
  • 20-22 Oktober 2020
  • 10-12 November 2020
  • 24-26 November 2020

Waktu         : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat       : Hotel The 1O1 Yogyakarta

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training by demand

 

FASILITAS PELATIHAN PUBLIC RELATION STRATEGY, EXTERNAL RELATION & COMMUNITY

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir eksklusif
  • Sertifikat
  • Modul
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

 

 

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Phone: 0274 4290277

Email

ningrum.marcomplus@gmail.com

fifin.marcomplus@gmail.com

Contact Person

Ningrum 0823-3245-1830

Fifin 0852-1405-9132 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus