Public Relations Management

Public Relations Management
January 16, 2024 No Comments Marketing & Public Relation admMarComp

PUBLIC RELATION MANAGEMENT Sebagai salah satu akibat dari kemajuan teknologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.

Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan teknik-teknik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.

Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah memberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.

Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’.

Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.

MATERI PELATIHAN PUBLIC RELATION MANAGEMENT

Hari Pertama

Sesi 1 : Peranan Public Relations dalam operasi perusahaan

  • Fungsi dan peranan PR
  • Manfaat Public Relations
  • Kedudukan PR dalam organisasi

Sesi 2 : Psikologi Public relations

  • Dua faktor karakteristik masyarakat sasaran
  • Psikolosi pesan dan strukturnya
  • Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)

Sesi 3 : Manajemen dan kode etik Public Relations

  • Menyadari sasaran umum PR
  • Tahap-tahap yang dibutuhkan
  • Kode etik IPRA
  • Kode etik Perilaku berdasarkan sidang IPRA

Sesi 4 : Perencanaan Kerja PR

  • Proses kegiatan PR
  • Langlah-langkah kegiatan
  • Hambatan – hambatan

Hari Kedua

Sesi 5 : Management Crisis

  • Apa itu krisis
  • Katagori krisis dan bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Lembaga/Institusi
  • Penanggulangan Krisis
  • Pra, Masa dan setelah Krisis

Sesi 6 : Corporate Image Identity

  • Membentuk opini publik
  • Hal membentuk citra perusahaan/lembaga/institusi
  • Sifat dari opini publik

Sesi 7 : Protokoler

  • Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
  • Pemahaman tentang tatatertib dan etiket ke-protokoler-an
  • Ruang lingkup tugas kegiatan protokol.
  • Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol
  • Persiapan-persiapan fisik

Sesi 8 : Public Speaking and Master of Ceremony

  • Thema acara: keperluan petugas Master of Ceremony
  • Master of Ceremony dalam upacara
  • Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
  • Bahasa Protokoler-Resmi dan Bahasa Komunikatif Table Manner

Sesi 9 : Media Relations, Press Release dan Pidato

  • Pengertian dan kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis pidato
  • Pidato, format dasar-general model dan model rinci

Sesi 10 : Press Conference – tindak lanjut Media Relations

  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
  • Aktifitas yang terjadi

Sesi 11 : PR dan Marketing Service

  • Prinsip-prinsip dasar
  • Faktor-faktor utama
  • Pengembangan strategi komunikasi pemasaran
  • Model-model strategi komunikasi pemasaran

Sesi 12 : Perilaku Konsumen (Customer Behavior)

  • Menentukan target audience
  • Karakteristik konsumen
  • Beberapa elemen dasar dari proses conditioning

METODE PELATIHAN PUBLIC RELATION MANAGEMENT

Pelatihan ini didesain khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk mendukung hal tersebut maka metode penyampaian pelatihan yang digunakan adalah:

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Studi Kasus
  • Evaluasi

PESERTA PELATIHAN PUBLIC RELATION MANAGEMENT

Kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada Staf Hubungan Masyarakat-Humas, Sekretaris, Administrative Assistant, atau siapapun yang ingin meningkatkan kinerja dibidang ke-Humas-an lebih baik lagi.

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN PUBLIC RELATION MANAGEMENT

Tanggal :

Tempat  : Hotel The 1O1 Tugu Yogyakarta

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training depend on request

FASILITAS PELATIHAN PUBLIC RELATION MANAGEMENT

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir eksklusif
  • Sertifikat
  • Modul
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Email

umamarcomplus@gmail.com

Contact Person

Uma 0821 3846 7266

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus