Sales & Marketing Policies dan Procedures (SOP Marketing)

Sales & Marketing Policies dan Procedures (SOP Marketing)
July 21, 2020 No Comments Marketing & Public Relation marcomplus

SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING) Ditengah persaingan bisnis yang kian ketat, informasi pesaing baik dari sisi produk sampai cara memenangkan persaingan bisnis dengan produk – produk sejenis menjadi masukan yang  sangat penting bagi manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis.

Agar informasi tersebut menjadi tepat guna, diperlukan informasi yang sudah memuat data-data, rasio, dan analisis yang dibutuhkan serta mudah dipahami oleh manajemen. Namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang otomatis terjadi. Karena tidak jarang informasi dan analisa yang disampaikan ke manajemen sulit dipahami, dan hanya sekedar laporan saja dan tidak sesuai dengan Standar Operational Procedure (SOP) untuk pelaporan eksternal yang telah baku (Bapepam, Pajak, dan lain-lain).

Untuk memenuhi kriteria tersebut, perlu dibangun kemampuan dalam membuat kebijakan SOP agar setiap kegiatan yang dilakukan benar–benar memiliki standar acuan yang jelas dan mudah dipahami kalangan internal atau eksternal. Pelatihan ini akan membahas tuntas problematika pemasaran yang umum terjadi di berbagai industri bisnis, terutama yang terkait dengan ketentuan dan prosedur pemasaran.

 

TUJUAN PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

  • Meningkatkan kemampuan peserta dalam menganalisa efektifitas kegiatan dan kebijakan
    departemen pemasaran yang berlaku beserta langkah-langkah peningkatannya.
  • Membekali peserta dengan teknik penyusunan prosedur kebijakan dalam operasional di
    bagian marketing.
  • Meningkatkan kompetensi peserta dalam mengelola pemasaran secara efektif dan produktif.

 

MATERI PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

  • Pengantar Etika bisnis di Bidang Pemasaran
  • Analisa Fungsi Marketing Sebagai Profit Center dalam Sistem Pengendalian Internal
  • Analisa Desain Teknis Penyusunan SOP Marketing
  • Analisa SOP – Kebijakan  Organisasi Marketing dan Kewenangan Operasinya
  1. – Struktur Organisasi Fungsi Marketing dan Job Descriptionnya
  2. – Menetapkan Anggaran Marketing
  3. – Analisa Beban Penjualan
  4. – Strategi Pertumbuhan Pemasaran
  5. – Alasan Dilakukannya Penjualan-Pemasaran
  6. – Tanggung Jawab Menentukan Target Pasar
  7. – Kewenangan Penandatangan Kontrak dan Penentuan Harga; . . dan Lainnya
  • Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Harga dan Produk
  1. – Analisa Harga Jual
  2. – Pengembangan Strategi Harga
  3. – Analisa Harga Secara Umum
  4. – ”Buy-Ins” and ”Loss Leaders”
  5. – Penawaran Kompetitif
  6. – Kebijakan Potongan Harga atau Diskon
  7. – Analisa Biaya Historis Pemasaran
  • Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan  Pelanggan
  1. – Analisa dan Survei Pelanggan
  2. – Kebijakan Kredit Pelanggan dan Customer Mapping – Customer Rating – Credit Limit
  3. – Kebijakan Pembinaan Pelanggan
  4. – Prasyarat dan Ketentuan Pemesanan
  5. – Pemesanan Lisan
  6. – Penerimaan Order Penjualan- Tertulis
  • Supervisi dan Pemenuhan Pesanan
  • Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan dengan Promosi dan Distribusi
  1. – Pengangkatan Distributor dan Agen
  2. – Kontes Penjualan Internal dan Eksternal
  3. – Pemasaran Jarak Jauh
  4. – Pemanfaatan Media Online dan Etikanya
  5. – Ketentuan Menggunakan Agen Periklanan
  6. – Iklan dalam Publikasi Pelanggan
  7. – Pameran dan Pertunjukkan Dagang
  • Analisa SOP – Kebijakan yang Berhubungan  dengan Sumber Daya Manusia Marketing dan Umum
  1. – Seleksi Karyawan Bagian Penjualan-Pemasaran
  2. – Moral dan Etika Penjualan
  3. – Pelatihan Armada Penjualan
  4. – Komisi-Bonus-dan Kompensasi
  5. – Bonus Khusus untuk Manajer Penjualan
  6. – Prosedur Audit Pemasaran
  7. – Perjanjian Menjaga Rahasia Oleh Karyawan Pemasaran
  8. – Revisi Prosedur dan Kebijakan Penjualan- Pemasaran

 

PESERTA PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

SOP Manager/ Officer/ Staff, Marketing Manager/ Sales Manager,  Legal Officer  yang terlibat dalam penyusunan SOP, HRD Officer/ Manager, dan peminat lainnya.

 

INSTRUKTUR PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

Dr. Drs. H. Achmad Fauzan Asmara, MM dan Tim

 

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

Tanggal      :

  • 8-10 September 2020
  • 22-24 September 2020
  • 6-8 Oktober 2020
  • 20-22 Oktober 2020
  • 3-5 November 2020
  • 17-19 November 2020

Waktu         : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat   : Hotel Santika Premiere Yogyakarta

 

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training by demand

 

FASILITAS PELATIHAN SALES & MARKETING POLICIES DAN PROCEDURES (SOP MARKETING)

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir eksklusif
  • Sertifikat
  • Modul
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

 

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Phone : (0274) 4290277

Email

ningrum.marcomplus@gmail.com

fifin.marcomplus@gmail.com

Contact Person

Ningrum 0823-3245-1830

Fifin 0852-1405-9132 

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus