Selling & Negotiation Skill dan Penyelesaian Kredit Bermasalah

Selling & Negotiation Skill dan Penyelesaian Kredit Bermasalah
July 9, 2020 No Comments Marketing & Public Relation marcomplus

SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH – Industri perbankan yang tumbuh dengan sangat pesat berimbas pada iklim persaingan yang semakin ketat. Dengan pasar yang semakin kompetitif ini, kemampuan seorang pemasar untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan dalam rangka menciptakan prospek atas produknya sangat penting untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan. Salah satu faktor kunci dalam kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan menguntungkan adalah kemampuan / keterampilan bernegosiasi dengan nasabah/calon nasabah, mengingat nasabah adalah sumber pemasukan yang sangat berarti bagi industri perbankan.
Dalam konteks pemasaran produk perbankan, secara sederhana dapat dikatakan bahwa bernegosiasi berarti melakukan aktivitas yang mampu mempengaruhi nasabah guna membantu mencapai tujuan pribadi kita dan pada saat bersamaan juga dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi nasabah tersebut. Maka tak dapat dipungkiri, keterampilan menjual disertai kecakapan dalam bernegosiasi efektif. (Negotiation Skill & Effective Negotiation) merupakan modal penting bagi pribadi seorang pemasar untuk senantiasa dikembangkan terus-menerus.
Pada tahapan selanjutnya masih dalam konteks industri perbankan, negosiasi tidak hanya diaplikasikan pada tujuan pemasaran semata. Persoalan dalam penyelesaian kredit bermasalah juga membutuhkan teknik negosiasi penanganan yang tepat. Penyelesaian Kredit Bermasalah atau dikenal dengan Non Performing Loan/NPL adalah bagian dari keseluruhan suatu proses perencanaan bisnis suatu bank. Dalam hak ini, peran Satuan Kerja Penanganan atau penyelesaian NPL sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan bank, sehingga dibutuhkan keahlian dan teknik-teknik yang jitu dalam proses penyelesaian NPL. Kekerasan dalam melakukan penagihan yang dilakukan oleh team Collection saat ini tentu sudah tidak efektif lagi, namun justru akan menimbulkan tuntutan hukum terhadap perusahaan/bank atau diri pribadi petugas Collection. Untuk itu, dibutuhkan pengelolaan emosi, temperamen dan kontrol diri bagi para petugas Collection.

Marcomplus Consulting sebagai lembaga pelatihan bermaksud untuk menyelenggarakan Pelatihan Selling & Negotiation Skill dan Penyelesaian Kredit Bermasalah. Saya yakin anda membutuhkan SDM yang mampu mengelola emosi, tempramen dan kontrol diri.

 

TUJUAN PELATIHAN SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

  • Meningkatkan profesionalisme sebagai account officer dalam menghadapi persaingan yang semakin meningkat; melalui pengetahuan dan wawasan pegawai mengenai teknik selling dan negosiasi dalam pemasaran produk perbankan
  • Peserta menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif, guna memenangkan persaingan dengan perusahaan sejenis
  • Meningkatkan pengetahuan dan wawasan pegawai mengenai penyelesaian kredit bermasalah
  • Memahami peran serta fungsi satuan kerja penyelesaian NPL terhadap bisnis bank khususnya
  • onsumer Credit dan/atau Retail Credit secara keseluruhan.
  • Lebih memahami proses Collection & Remedial Management sehingga bisa menentukan strategi penurunan NPL yang terbaik untuk menjaga asset bank terutama Asset Consumer Credit dan/atau Retail Credit

 

MATERI PELATIHAN SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

  1. Prinsip-prinsip dalam Selling
  2. Sales Management
  3. Selling Process: Memahami 7 langkah menjual yang efektif (Finding Customers, Preparing, Opening, Investigating, Product Offering, Objection Handling, Closing)
  4. Prinsip Negosiasi dan Komunikasi Efektif dalam Optimasi Penjualan
  5. Aspek Negosiasi dalam Selling Skill
  6. Perilaku dan Sikap dalam Negosiasi
  7. Mengakhiri negosiasi
  8. Membangun Kepercayaan Diri Sales Person
  9. Mengembangkan Karakter dan Potensi Sales Person
  10. Siklus Penyelamatan Kredit Bermasalah
  11. Faktor-faktor Penyebab Kredit Bermasalah
  12. Manajemen Collection Consumer credit / Retail Credit
  13. Key Performance Indicator Collection
  14. Alternatif Penyelesaian Kredit Bermasalah / NP
  • Kompromi (Restrukturisasi, Subrogasi, Novasi, AYDA)
  • Non Kompromi (Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Hak Tanggungan, Gugatan, Kepailitan, Proses Pidana)

 

PESERTA PELATIHAN SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

Marketing, Account Officer (AO), Analis Kredit Mikro, dan Officer. Dapat juga diikuti oleh Penyelia Pemasaran Bisnis, seluruh Penyelia Administrasi Kredit, seluruh Penyelia Kredit Mikro

 

WAKTU DAN TEMPAT PELATIHAN SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

Tanggal    :   

  • 28 sd 30 Juli 2020
  • 4 sd 6 Agustus 2020
  • 11 sd 13 Agustus 2020
  • 25 sd 27 Agustus 2020
  • 1 sd 3 September 2020
  • 8 sd 10 September 2020
  • 15 sd 17 September 2020
  • 22 sd 24 September 2020

Waktu      : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat   : Hotel Santika Premiere Yogyakarta

  • Untuk waktu dan lokasi lain dapat di request sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Lokasi lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Malang, Bali, Lombok, dll.

*In House Training by demand

FASILITAS PELATIHAN SELLING & NEGOTIATION SKILL DAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

  • Ruang meeting nyaman
  • Training kit
  • Souvenir eksklusif
  • Sertifikat
  • Modul
  • Foto training
  • Layanan antar jemput peserta dari bandara dan drop in Hotel selama training (khusus untuk lokasi pelatihan di Yogyakarta)
  • Makan siang dan 2 kali coffee break selama training

 

INFORMASI

Website : www.marcomplus.co.id

Phone : (0274) 4290277

Email

fifin.marcomplus@gmail.com

ningrum.marcomplus@gmail.com

Contact Person

Fifin 0852-1405-9132

Ningrum 0823-3245-1830

 

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Uma Marcomplus